SYL Gagas Tol Layang Untuk Atasi Kemacetan Di Panakkukang

SYL Gagas Tol Layang Untuk Atasi Kemacetan Di Panakkukang
Gubernur Sulsel saat meninjau underpass beberapa waktu lalu. Foto | (humas Pemprov Sulsel).

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.COM – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, mengeluarkan gagasan untuk membangun tol layang (elevated) dalam kota Makassar, dimana salah satu lokasi yang dibidik, yakni di kawasan pusat perekonomian Panakkukang.

Gagasan tersebut, diklaim bisa menjadi salah satu solusi kemacetan yang sudah menjadi persoalan di Kota Makassar. Apalagi, hingga saat ini jumlah kendaraan makin meningkat.

Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, untuk lebih merealisasikan gagasan tersebut, dalam waktu dekat ini akan dikoordinasikan dengan DPRD dan Wali Kota Makassar terkait hal ini.

Selain itu, SYL juga akan membicarakan bagaimana bentuk rekayasa jalan ketika tol tersebut, akan dibangun, termasuk mengukur atau menghitung pergerakan kendaraan di kawasan tersebut.

“Terkait hitung-hitungan dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan infrastruktur tersebut, kita butuh sekitar Rp1,2 triliun. Tapi, kita tak perlu khawatir, karena pusat bisa membantu dengan mengucurkan anggaran melalui obligasi,” katanya, Rabu, 5/7/2017.

Gagasan ini, kata Syahrul, sudah harusnya menjadi salah satu hal pembicaraan penting yang harus difokuskan nantinya, mengingat kawasan Panakukkang saat ini pergerakan kendaraan per hari telah mencapai 65 ribu unit.

“Apalagi, saat ini penambahan motor sebulannya saja telah mencapai 28 ribu unit. Sementara, penambahan┬ámobil sebanyak 2400 unit. Jadi, kendaraan yang masuk ke Makassar dari luar dan dalam sebulannya itu mencapai sebanyak 700 ribu. Ini butuh solusi cepat,” pungkasnya.

Wia rock/Marwiah Syam