Suku Bunga Kredit Perbankan Sulsel Masih Tinggi Dibanding Nasional

Suku Bunga Kredit Perbankan Sulsel Masih Tinggi Dibanding Nasional
Kepala Bank Indonesia Wilayah Sulsel, Bambang Kusmiarso (tengah) saat memaparkan kondisi perbankan dan suku bunga di Sulsel, di Kafe The Boss, Jalan Botolempangan, Kamis, 6/7/2017. (Muh Trisusanto MS)

Makassar, PEDOMANMAKASSAR.COM – Bank Indonesia Wilayah Sulsel menyebut suku bunga perbankan di Sulsel masih lebih tinggi, yakni 11,9 persen dibanding nasional yang hanya tercatat 10,9 persen.

Kepala Bank Indonesia Wilayah Sulsel, Bambang Kusmiarso, mengungkapkan, walaupun masih tinggi dibanding nasional, tapi posisi ini relatif lebih menurun dibanding posisi sebelumnya yang tercatat 12,0 persen pada April tahun ini.

“Kondisi ini seiring dengan LDR di Sulsel yang sangat tinggi, sehingga terdapat tambahan biaya atas sebagian dana dari luar Sulsel yang digunakan untuk kredit di Sulsel,” katanya dalam siaran pers Bank Indonesia, di Kafe The boss, Jalan Botolempangan, Kamis, 6/7/2017.

Berdasarkan jenis penggunaannya sendiri, kata Bambang, suku bunga tertimbang tertinggi ditempati kredit konsumsi sebesar 12,7 persen, diikuti kredit modal kerja sebesar 11,5 persen, dan kredit investasi 10,8 persen.

“Walaupun begitu, suku bunga pada semua jenis kredit tersebut, mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya. Sementara, di sisi suku bunga rata-rata tertimbang simpanan perbankan Sulsel tercatat 3,3 persen. Relatif sama dibandingkan periode sebelumnya pada April tahun ini,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam