Trafik Data Telkomsel Naik Hingga 136 Persen Lebih Pasca Lebaran

Trafik Data Telkomsel Naik Hingga 136 Persen Lebih Pasca Lebaran
telkomsel

JAKARTA, PEDOMANMAKASSAR.COM – PT Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data pada momen lebaran tahun ini dengan mencatatkan lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136 persen dan menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte).

Angka tersebut, meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama pada 2016 lalu. Sementara, jika dibandingkan dengan hari normal selama tahun ini, Telkomsel juga mencatatkan kenaikan layanan lebih dari 27 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, mengatakan, peningkatan layanan data ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial sebesar 36 persen, kemudian disusul layanan video streaming sebesar 29 persen.

Selain itu, peningkatan trafik layanan data juga terlihat paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik, seperti wilayah Sumatera yang mengalami peningkatan penggunaan layanan data hingga lebih dari 36 persen. Sementara, wilayah Jawa Bali mencapai lebih dari 32 persen jika dibandingkan dengan hari normal tahun ini.

“Namun, secara nominal trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek Jabar dengan menembus angka lebih dari 1.700 TB (Terabyte), disusul area Jawa Bali yang mengkonsumsi lebih dari 1.645 TB (Terabyte),” katanya melalui rilisnya, Kamis, 6/7/2017.

Tak hanya itu, kata Adita, penggunaan layanan data pada momen Lebaran tahun ini juga tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, exit tol Kaliangsa, Rest Area km 9 Cibubur, dan Pelabuhan Ferry Kolaka di Sulawesi Tenggara.

Selain itu, peningkatan juga terpantau naik di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, seperti Batu Karas (Pangandaran), Ancol, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (Puncak).

Sementara, untuk layanan SMS pada momen lebaran tahun ini tidak mengalami peningkatan, jika dibandingkan dengan trafik pada hari normal. Bahkan, cenderung stagnan di angka 740 juta SMS.

“Tapi, kalau mengenai jaringan kami pastikan dan catat berfungsi dengan baik dalam melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Lebaran tahun ini. Apalagi, jauh-jauh hari sebelumnya kami telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Dengan begitu, kami pastikan komunikasi pelanggan tetap lancar sesuai yang terus kita prioritaskan,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam