DPPPA Makassar Gelar Sosialisasi Sekolah Ramah Anak

DPPPA Makassar Gelar Sosialisasi Sekolah Ramah Anak
DPPPA Makassar gelar sosialisasi sekolah ramah anak, di D'Maleo Hotel yang diikuti dari berbagai pihak sekolah di Makassar, Jumat, 7/7/2017. (Humas foto pemkot Mksr)

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) kota Makassar melakukan sosialisasi kota layak anak kepada berbagai pihak sekolah di Makassar

Sosialisasi tersebut, dihadiri sebanyak 120 peserta, yakni kepala sekolah tingkat Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan siswa dan forum anak Makassar.

Kepala Bidang Pemberdayaan Anak, Achi Soleman, mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk yang pihaknya terus lakukan untuk menyuarakan sekolah ramah anak.

Apalagi, untuk mewujudkan kota layak anak, maka sekolah mesti menciptakan sekolah ramah anak dengan memenuhi beberapa beberapa unsur, seperti lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman untuk belajar, kursi siswa harus sesuai dengan keadaan fisik siswa, model ruangan, fasilitas sekolah, seperti toilet laki-laki dan perempuan yang terpisah.

Selain itu, kondisi sosial pun mesti diperhatikan, seperti tidak ada siswa yang saling membully atau mengejek disekolah, karna adanya bully bisa menimbulkan dampak terhadap siswa, seperti prestasi menurun karna minder.

“Makanya sosialisasi ini harus terus digalakkan, agar poin-poin tersebut, diperhatikan sekolah. Selain itu, faktor lingkungan, seperti toilet yang sehat, faktor sosial dan sebagainya juga harus menjadi prioritas,” katanya disela-sela sosialisasi sekolah ramah anak, di D’Maleo Hotel, Jalan Pelita, Jumat, 7/7/2017.

Selain sekolah ramah yang disosialisasikan, kata Achi, pihaknya juga akan membuat duta anti bully nantinya.

“Jadi, tidak ada lagi mereka saling mengejek satu sama lain. Ini juga untuk membuat suasana sekolah lebih nyaman,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam