Momen Harkopnas Ke-70, BNI Gandeng Dekopin Manfaatkan Layanan Kredit Perbankan

Momen Harkopnas Ke-70, BNI Gandeng Dekopin Manfaatkan Layanan Kredit Perbankan
Penandatangan kerjasama antara BNI dan Dekopin, serta TaniHub disela-sela momen Harkopnas ke-70, di Makassar, Rabu, 12/7/2017.

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – PT Bank Negara Indonesia (BNI) menggandeng Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dalam kerjasama layanan perbankan dalam menyalurkan pembiayaan bagi koperasi atau usaha mikro dan kecil lewat momen Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 yang diselenggarakan di Lapangan Karebosi, Rabu, 12/7/2017.

Selain menggandeng Dekopin, BNI juga menggandeng PT TaniHub sebagai pengembang platform pemasaran produk-produk pertanian secara digital atau e-commerce.

Corporate Secretary BNI, Kiryanto, mengungkapkan, kerjasama ini juga kembali menegaskan komitmen BNI dalam mendorong dan meningkatkan pengembangan koperasi dan sektor UMKM di Indonesia.

“Kerjasama itu juga merupakan dukungan kami melalui pemberdayaan potensi dan peluang bisnis dengan mengoptimalkan pemanfaatan produk dan jasa perbankan, serta akses pembiayaan seluas-luasnya bagi pengusaha UMKM dan koperasi,” katanya saat pembukaan Harkopnas ke-70, di Lapangan Karebosi, Rabu, 12/7/2017.

Apalagi saat ini, kata Kiryanto, BNI juga mengembangkan konsep DigiNation, yakni layanan BNI pada nasabah melalui model transaksasi digitalisasi perbankan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan nasabah yang memerlukan model bisnis yang mobile, cepat, dan ringkas.

Selain itu, kerjasama tersebut, nantinya akan lebih meningkatkan lagi penyaluran kredit, dimana hingga Maret tahun ini pihaknya telah menyalurkan pembiayaan pada Koperasi sebesar Rp3,4 triliun, serta menyalurkan pembiayaan pada UMKM sebesar Rp67,7 triliun yang melingkupi sektor perdagangan, jasa, dan kuliner.

“Karena itu, melalui kerjasama ini, penyaluran pembiayaan bagi pengusaha UMKM dan koperasi lebih tinggi lagi nantinya,” katanya.

Sementara, Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid, mengungkapkan, kerjasama ini merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan peran koperasi dan UMKM lagi kedepannya.

“Kita yang garap dan BNI yang menyediakan layanan jasa perbankan nya, baik simpanan maupun pinjaman kepada Dekopin melalui unit operasional BNI yang berada di seluruh Indonesia dalam menunjang peningkatan produktifitas usaha dan perluasan akses layanan perbankan melalui kemitraan yang saling menguntungkan,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam