Perum Jamkrindo Dorong Peran Koperasi Lebih Maju Lagi

Perum Jamkrindo Dorong Peran Koperasi Lebih Maju Lagi
Direktur Utama Perum Jamkrindo, Diding S Anwar (tengah batik biru) bersama Kepala Kantor Jamkrindo Wilayah Sulawesi Maluku Papua, Hamim Bugi Afianto (kedua kanan) dan Kepala Kantor Jamkrindo Makassar, Dadang Iwan Setiawan (kanan) disela-sela kegiatan Harkopnas Expo, di Lapangan Karebosi, Kamis, 13/7/2017. | Foto : Muh. Trisusanto MS

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) akan lebih memaksimalkan lagi dalam mendukung kemajuan koperasi dan penjaminan kredit dan konsultasi manajemen pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Koperasi (UMKMK) dalam menunjang perekonomian nasional.

Direktur Utama Perum Jamkrindo, Diding S Anwar, mengatakan, komitmen tersebut, akan lebih mengukuhkan lagi bahwa koperasi memiliki peran dan potensi ekonomi yang cukup besar, namun soko guru dalam perekonomian nasional masih tertinggal, makanya masih tumbuh lambat dibanding negara-negara lainnya.

“Karena itu, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengembangkan sektor koperasi dan UKM,” katanya disela-sela kunjungannya pada kegiatan Harkopnas Expo, di Lapangan Karebosi, Kamis, 13/7/2017.

Untuk lebih merealisasikan apa yang ditargetkan saat ini, kata Diding, pihaknya membuat inovasi untuk melayani UMKMK dengan membuat Mobil Layanan Penjaminan (MLP).

Melalui Mobil layanan yang bersifat mobile tersebut, diharapkan dapat menjangkau para pelaku UMKMK di seluruh indonesia, dan memberikan pelayanan lebih optimal dan efisien ke seluruh mitra bisnis Perum Jamkrindo.

Apalagi, hingga 30 Juni 2017 ini volume penjaminan yang sudah dilakukan oleh Perum Jamkrindo telah menjamin KUR yang disalurkan oleh lembaga keuangan sebanyak Rp24,61 triliun atau 54,54 persen dari total penyaluran KUR nasional sebesar Rp45,13 triliun.

“Karena itu, pada momen kegiatan Harkopnas ini yang dilaksanakan dari 12 Juli hingga 15 Juli 2017 ini kita lebih fokuskan bagaimana peran koperasi lebih didorong lagi kedepannya lewat sinergi dari berbaai pihak, agar pemerataan dan pertumbuhan ekonomi lebih maju lagi,” katanya.

Wia Rock/ Marwiah Syam