ASPPI Bidik Rp80 M Lewat Phinisi Tourism Expo Di Makassar

ASPPI Bidik Rp80 M Lewat Phinisi Tourism Expo Di Makassar
Dewan Pengawas ASPPI, Sultan Syah (kedua kanan) bersama Ketua Pelaksana Phinisi tourism Expo, Fadly Anatoli (kedua kiri) dan Bendahara ASPPI, Cindy, disela-sela wawancara, di Hotel Myko, Jalan Boulevard, Sabtu, 15/7/2017. | Foto: Muh. Trisusanto MS

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) akan menggelar kegiatan pariwisata yang bertajuk “Phinisi Tourism Expo” yang diselenggarakan di Makassar dari 21 Juli hingga 23 Juli dengan menargetkan transaksi Rp80 miliar.

Dewan Pengawas Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Sultan Syah, mengungkapkan, target tersebut, sudah sesuai, mengingat kegiatan ini telah terlaksana secara rutin dan sudah terhitung puluhan kalinya, baik di Jakarta, Bali, Lombok, dan Yogyakarta. Hanya saja, untuk di Sulsel sendiri, baru pertama kalinya.

Selain itu, kegiatan nantinya yang sengaja mengusung Phinisi Tourism Expo ini, karena melihat potensi perekonomian Sulsel sebagai Kawasan Timur Indonesia (KTI) sangat besar dan semakin tumbuh pesat, juga tak terlepas industri pariwisata seiring semakin tingginya pertumbuhan bisnis perhotelan dan travel.

“Karena itu, melalui kegiatan ini nantinya, kami akan mempertemukan 160 buyer, baik lokal dan internasional, dan sebanyak 29 seller dari berbagai stakehoder yang terkait, diantaranya travel agent, perhotelan, pengelola jasa transportasi, jasa asuransi perjalanan, pengusaha oleh-oleh dan yang lainnya,” katanya saat ditemui usai Presscomperence di Hotel Myko, Jalan Boulevard, Sabtu, 15/7/2017.

Selain itu, kata Sultan, pada kegiatan nantinya, juga akan lebih memperkenalkan destinasi-destinasi lainnya selain Toraja, seperti pulau Cambang-cambang di Pangkep, dan yang lainnya. Mengingat, potensi pariwisata Sulsel tidak hanya wilayah pegunungannya yang punya nilai jual, tapi juga gugusan pulau-pulaunya.

“Karenanya, pada kegiatan nantinya, kita juga agendakan di pulau, agar peserta bisa berkesempatan berexplore di pulau dengan suguhan panoramanya yang indah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Phinisi Tourism Expo, Fadly Anatoli, mengungkapkan, kegiatan ini terlaksana juga merupakan apresiasi dari pihaknya atas pertumbuhan ekonomi dan geliat industri lainnya, termasuk industri pariwisata yang mulai diperhitungkan.

“Karena itu, kami juga ingin menjadi salah satu pemberi sumbangsih pada pertumbuhan industri pariwisata di Sulsel nantinya. Karena itu, kegiatan ini kita laksanakan,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam