BI Tingkatkan Peran Syariah Lewat Festival Ekonomi Syariah

BI Tingkatkan Peran Syariah Lewat Festival Ekonomi Syariah
Kepala Bank Indonesia Wilayah Sulsel, Bambang Kusmiarso (kiri) saat menemui Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (kanan) terkait kegiatan Festival Ekonomi Syariah nantinya yang akan digelar BI, di Ruang Kerja Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo, Rabu, 19/7/2017. | Foto: Istimewa

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Bank Indonesia (BI) Wilayah Sulawesi Selatan menargetkan akselerasi peningkatan peran syariah lewat Festival Ekonomi Syariah (FES) yang akan digelarnya pada Agustus 2017 ini.

Kepala Bank Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso, mengungkapkan, kegiatan nantinya, BI akan melibatkan sekitar 18 provinsi, diantaranya semua provinsi dari pulau Kalimantan dan Papua

Mengenai kegiatannya nantinya, akan digelar pada 25-27 Agustus 2017 ini. Tapi, rangkaian acaranya sendiri hingga dua pekan atau hingga awal September tahun ini.

“Kegiatan ini terselenggara karena melihat banyaknya potensi syariah di Sulsel yang patut digali,” katanya seusai pertemuannya dengan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, di Ruang Kerja Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo, Rabu, 19/7/2017.

Adapun konsep acaranya nanti, kata Bambang, mengusung 5F yang terdiri dari food, finance, fashion, entrepreneur (kewirausahaan), dan berbagai hiburan lainnya.

Tak hanya itu, nantinya juga ada bermacam-macam kegiatan, seperti pameran, lomba, kuliah umum dan diskusi yang akan dibawakan oleh pakar-pakar, baik dari Sulsel dan Nasional.

Bahkan, kegiatan nantinya juga akan dihadiri langsung Gubernur Bank Indonesia, Agus D. W. Martowardojo

“Dengan berbagai kegiatan nantinya, kita bisa sosialisasikan bisnis model yang baik agar bisa direplikasi. Termasuk kemandirian ekonomi syariah dan lain-lainya. Selain itu, hal ini juga diharapkan peran syariah semakin dikenal di masyarakat,” katanya.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, sangat mengapresiasi rencana kegiatan tersebut.

Syahrul berharap, pada kegiatan nantinya bisa dikolaborasikan dengan tagline Sulsel 3M+1B.

“Kalau bisa, 5F tersebut disatukan dengan tagline Sulsel tiga kali lebih maju, mandiri dan modern dalam kebersamaan, sehingga menjadi konsep 5F, 3M+1B,” pungkasnya.

Wia rock/Marwiah Syam