Juni 2017, Jamkrindo Catatkan Penjaminan Di Sulsel Meningkat

Juni 2017, Jamkrindo Catatkan Penjaminan Di Sulsel Meningkat
Kepala Kantor Jamkrindo Wilayah Sulawesi Maluku Papua, Hamim Bugi Afianto. |Foto: Istimewa

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – PT Jamkrindo mencatatkan penjaminan kredit di Sulsel pada periode Juni tahun ini meningkat dibanding tahun lalu.

Kepala Kantor Jamkrindo Wilayah Sulawesi Maluku Papua (Sulampua), Hamim Bugi Afianto, mengungkapkan, posisi tersebut, tercatat meningkat 61 persen atau sebesar Rp2,3 triliun pada penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dibanding tahun lalu pada posisi yang sama yang hanya tercatat Rp2 triliun.

Sementara, posisi Non KUR juga meningkat 40 persen atau mencapai Rp1,5 triliun, dibanding tahun lalu pada posisi yang sama yang hanya mencapai Rp1,1 triliun

“Peningkatan ini disumbangsih dari sektor jasa dan perdagangan sebesar 74 persen dan agribisnis
sebesar 22 persen. Sementara, dari sektor industri dan pertambangan hanya menyumbang 3 persen,” katanya melalui Whatss App, Kamis, 20/7/2017.

Sementara, posisi penjaminan KUR untuk wilayah Sulawesi Maluku Papua sendiri, kata Hamim, tahun ini tidak berubah. Tetap posisi yang sama, yakni Rp3,8 triliun.

Yang meningkat hanya Non KUR dengan posisi Rp3,6 triliun, atau lebih meningkat Rp100 miliar dibanding tahun lalu dengan posisi yang sama yang hanya Rp3,5 triliun.

“Hanya saja, kontribusi sektor Industri dan pertambangan pada wilayah Sulampua dicatatkan masih rendah atau hanya 3 persen. Begitupun, dengan sektor agribisnis yang tercatat hanya 17 persen. Sementara, kontribusi sektor jasa dan perdagangan pada penjaminan semakin tinggi dengan posisi 79 persen. Karena itu, kedepannya kita akan lebih genjot lagi. Apalagi, baru-baru ini banyak momentum yang kita lakukan bersamaan Hari Koperasi Nasional kemarin,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam