Pelindo IV Kembali Gelar “BUMN Hadir untuk Negeri”

Pelindo IV Kembali Gelar “BUMN Hadir untuk Negeri”
Logo Pelindo IV

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV kembali menjadi host program Kementerian BUMN dengan tema “BUMN Hadir untuk Negeri” yang tahun ini mengambil lokasi di Sorong, Papua Barat.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung, mengatakan, program yang hadir setiap tahunnya ini juga merupakan salah satu rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus nanti.

Mengenai kegiatannya sendiri, pihaknya bersama dua BUMN lainnya, yaitu PT ASABRI (Persero) dan Perum Perhutani yang menjadi co host akan menyiapkan empat kegiatan, diantaranya Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti dan kegiatan Jalan Sehat dengan menargetkan seribu peserta.

Selain itu, juga ada kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dan Bedah Rumah Veteran (BRV), dimana BRV saat ini sedang berlangsung sejak Januari tahun ini.

Untuk kegiatan SMN atau kegiatan pertukaran budayanya sendiri, akan diadakan 24 Juli lusa yang diikuti sebanyak 21 orang SMN dari Papua Barat ( Sorong, Manokwari dan Fakfak) yang nantinya berkunjung ke Makassar. Begitu pun, 20 SMN dari Sulsel akan ke Sorong pada 25 Juli besoknya.

“Masing-masing SMN tersebut, terdiri dari Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri. Nantinya, melalui kegiatan tersebut, bukan cuma budaya yang diperkenalkan. Tapi juga akan diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintah dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi,” katanya melalui rilisnya, Jumat, 21/7/2017.

Terkait dengan kegiatan Bedah Rumah Veteran, kata Doso, pihaknya akan melakukan bedah rumah sebanyak 20 unit rumah veteran yang tidak layak huni di Sorong, dimana saat ini empat unit rumah sudah selesai, tinggal 16 unit rumah lagi yang saat ini masih dalam tahap survei.

“Khusus semua kegiatan ini kita telah siapkan anggaran Rp1,7 miliar. Lebih rendah dibanding tahun lalu yang mencapai Rp2,8 miliar. Ini semua karena agenda kegiatannya berkurang tahun ini,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam