Sokong Penerbangan Haji 2017, Pertamina Siapkan Tambahan Avtur 13 Persen

Sokong Penerbangan Haji 2017, Pertamina Siapkan Tambahan Avtur 13 Persen
General Manager PT Pertamina MOR VII Sulawesi, Joko Pitoyo (kanan) saat memaparkan kondisi kebutuhan konsumen BBM dan Avtur dan peningkatannya dari tahun ke tahun, di kantornya, di Jalan Garuda, beberapa waktu lalu. | Foto : Muh Trisusanto MS

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi siap mendukung kelancaran kegiatan penerbangan haji tahun 2017 dengan menyiapkan tambahan 13 persen Avtur dari rata-rata penyaluran normal hariannya.

Dengan penambahan tersebut, PT Pertamina telah menyiapkan tambahan penyaluran avtur sebanyak 120 KL/hari atau menjadi 1.010 KL/hari dari rata-rata penyaluran regular harian sebesar 890 KL/hari.

General Manager PT Pertamina MOR VII Sulawesi, Joko Pitoyo, mengungkapkan, penambahan ini untuk memenuhi kebutuhan penerbangan haji Embarkasi Makassar melalui Bandara Sultan Hasanuddin dengan jumlah 35 kloter yang akan dilayani.

“Dengan jumlah kloter tersebut, nantinya akan dibagi menjadi dua fase, yaitu fase keberangkatan 28 Juli 2017 sampai dengan 26 Agustus 2017 dan fase kedatangan 6 September 2017 sampai dengan 6 Oktober 2017,” katanya seusai acara Pembukaan Haji Flight 2017 PT Pertamina, di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Hasanuddin, 24/7/2017.

Selain menjamin ketersediaan pasokan, kata Joko, pihaknya juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan penyaluran suplai avtur, agar dapat terlaksana tepat waktu dan memastikan kesiapan tanki avtur dengan kapasitas 14.400 KL, Bridger (mobil tanki avtur) sebanyak 11 buah untuk suplai avtur dari Terminal BBM Makassar ke DPPU Hasanuddin, dan sembilan refueller untuk pengisian ke pesawat udara, serta dua refueller untuk back up.

“Ini adalah komitmen kami dalam memastikan ketersediaan dan kelancaran suplai avtur selama masa haji 2017. Apalagi, DPPU Hasanuddin juga melayani pengisian avtur untuk pesawat udara sebanyak 20 maskapai dengan kurang lebih 170 penerbangan per hari, dimana selain penerbangan regular, DPPU juga melayani penerbangan adhoc atau non regular TNI dan Polri,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam