Bidik Ekspansi Pasar Ke Timur, Disperindag Sulsel Lakukan Misi Dagang

Bidik Ekspansi Pasar Ke Timur, Disperindag Sulsel Lakukan Misi Dagang
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel, Hadi Basalamah, saat ditemui di kantornya, Jalan Doktor Ratulangi, Senin, 24/7/2017. | Foto: Muh Trisusanto MS

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akselerasi ekspansi pasar melalui kerjasama perdagangan lewat misi dagang ke wilayah timur, yakni Maluku.

Misi dagang tersebut, nantinya akan membawa delegasi dagang dari Sulsel untuk melakukan kerjasama dan pameran komoditi unggulan dan ratusan produk UMKM unggulan yang dilaksanakan dari 31 Juli 2017 sampai 1 Agustus 2017 di Maluku City Mall, dengan melibatkan 120 peserta, diantaranya SKPD terkait, Perbankan, Pelindo IV, PT Tonasa, Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulsel, dan 45 pelaku UMKM yang dipimpin langsung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sulsel, Hadi Basalamah, mengungkapkan, pada kegiatan nantinya selain melibatkan pengusaha Sulsel, juga pengusaha dari Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat yang diundang untuk turut andil dalam kerjasama perdagangan nantinya.

Kegiatan ini juga akan menegaskan bahwa Sulsel adalah daerah yang potensial yang punya prospek mensuplai perdagangan domestik di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Selain itu, kegiatan nantinya selain ada MoU kerjasama suplai pangan, seperti beras, bawang merah, gula pasir, cabai, dan pameran produk UMKM yang telah terverifikasi, juga ada kontak bisnis to bisnis dan penyerahan KUR yang dilakukan tiga perbankan, yaitu BRI, BNI, dan BPD.

“Ini merupakan akselerasi dan konektivitas antar daerah, khususnya Sulsel dan KTI, mengingat Sulsel juga merupakan representasi dari perdagangan di Sulsel. Karena melihat peluang ini, kita desain program kegiatan ini,” katanya seusai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Senin, 24/7/2017.

Nantinya, setelah menyasar Maluku, kata Hadi, pihaknya akan memperluas lagi ekspansi pasar ke provinsi lainnya, seperti Aceh, Kalimantan dan yang lainnya.

“Apalagi, delegasi-delegasi yang ikut sedari dulu sudah ada marketnya. Tinggal kita optimalisasi lagi, agar ekspansi pasar lebih kuat lagi di wilayah domestik. Jadi, kita tidak hanya sasar mancanegara saja,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam