Triwulan II 2017, Perekonomian Sulsel Hanya Tumbuh 6,63 Persen

Triwulan II 2017, Perekonomian Sulsel Hanya Tumbuh 6,63 Persen
Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Sulsel, Didik Nursetyohadi (tengah) saat memaparkan kondisi pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan II 2017 ini, di kantor BPS, Jalan Haji Bau, 7/8/2017. | FOTO: Muh. Trisusanto MS

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat pertumbuhan perekonomian Sulsel pada triwulan II 2017 terhadap triwulan II 2016 (yoy) hanya tumbuh sebesar 6,63 persen.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Sulsel, Didik Nursetyohadi, mengungkapkan, pertumbuhan ini mengalami perlambatan, karena dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya bisa mencapai 8,02 persen.

“Dari sisi produksi, pertumbuhan ini tertinggi ditopang oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 11,04 persen. Sementara, dari sisi pengeluaran dicapai oleh komponen Pembentukan Modal Tetap Domestik Bruto (PMTDB) yang tumbuh 8,25 persen,” ungkapnya disela-sela siaran pers BPS, Jalan Haji Bau, Senin, 7/8/2017.

Sementara, pertumbuhan ekonomi Sulsel terhadap triwulan sebelumnya (qtq), kata Didik, juga meningkat sebesar 5,96 persen.

“Pertumbuhan ini juga ditopang dari pertumbuhan lapangan usaha, perdagangan besar, eceran, reparasi mobil dan motor sebesar 10,01 persen, diikuti lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang meningkat 9,49 persen dari sisi produksi. Sementara, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ditopang pada Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 59,22 persen, diikuti pertumbuhan Komponen Pembentukan Modal Tetap Domestik Bruto (PMTDB) sebesar 5,82 persen,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam.