Bea Cukai Sulawesi Berhasil Tindaki Lagi Rokok Ilegal 5,5 Juta Batang Dari Surabaya

Bea Cukai Sulawesi Berhasil Tindaki Lagi Rokok Ilegal 5,5 Juta Batang Dari Surabaya
Sejumlah 5,5 juta batang rokok ilegal dari Surabaya berhasil lagi ditindaki Bea Cukai Makassar | FOTO: Muh. Trisusanto MS

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sulsel berhasil menindaki lagi satu kontainer rokok ilegal dari Surabaya sejumlah kurang lebih 5,5 juta batang dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp3,6 miliar.

Sebelum penindakan terjadi, sesuai kronologis kejadiannya, yakni saat Kanwil Bea Cukai Sulawesi mendapat informasi pada 15 Agustus malam, terkait mobil pick up yang memuat rokok ilegal dari Surabaya.

Berdasarkan informasi tersebut, Unit Penindakan Kanwil Bea Cukai segera melakukan penyisiran ke beberapa tempat, baik perusahaan ekspedisi ataupun jalan-jalan penghubung keluar kota Makassar dan berhasil ditemukan sebuah mobil yang dikemudikan MA yang diketahui memuat rokok ilegal sebanyak 20 karton atau setara dengan 320 ribu batang.

Selanjutnya, berdasarkan temuan tersebut, unit Intelijen Kanwil Bea Cukai Sulawesi bekerjasama Polri melakukan pendalaman informasi di beberapa titik kumpul mobil truck kontainer dan diperoleh informasi pada pagi harinya 16 Agustus bahwa ada satu kontainer yang meluncur ke arah Maros yang diduga mengangkut roko ilegal.

Berdasarkan informasi tersebut, Unit Penindakan Kanwil Bea Cukai Sulawesi segera mengirim Tim untuk melakukan pengejaran, dimana Tim tersebut menemukan satu kontainer yang masih tersegel berhenti di depan warung di daerah Bonto Sunggu, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, dengan prilaku seperti sedang menunggu seseorang.

BACA JUGA: Bea Cukai Sulawesi : Volume Penindakan Pengiriman Rokok Ilegal Meningkat Signifikan

Saat itulah, petugas dari Unit Penindakan Kanwil Bea Cukai Makassar menghampiri truck kontainer tersebut, dan menemukan rokok ilegal yang tidak dilekati pita cukai merek SIP dan rokok yang dilekati pita cukai palsu merek Surya Indah serta rokok yang masih dalam bentuk batangan dalam kondisi terbungkus karung.

Kabid Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Sulawesi, Agus Amiwijaya, mengungkapkan, dalam penindakan tersebut, terdapat empat rokok ilegal, diantaranya SIP, X bold, Surya Indah dan Z.A yang berhasil disita, karena melanggar Pasal 54 UU No. 11 Tahun 1995 dengan UU No. 39 Tahun 2007 tentang Cukai.

“Dari temuan tersebut, kami akan kembangkan lebih lanjut lagi, mengingat rokok yang disita tercatut kode produksi dari Soppeng,” katanya saat presscomperence, di Kanwil Bea Cukai, Jalan Satando, Kamis, 17/8/2017.

Untuk sementara, kata Agus, supir truck yang mengangkut muatan rokok ilegal tersebut, dengan inisial SF dan SR masih dalam pemeriksaan lebih lanjut, setelah diperintahkan membawa sarana angkutan tersebut ke Kanwil Bea Cukai.

“Dengan temuan tersebut, kami akan gali lebih lanjut lagi ke produsennya,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam