Jangan Pernah Lakukan ini Bila Anda di Jepang!!!

Jangan Pernah Lakukan ini Bila Anda di Jepang!!!
Sepeda yang ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya. | FOTO: Istimewa

TIPS,PEDOMANMAKASSAR.com – Seorang turis di Jepang sudah sangat kelelahan setelah menghabiskan waktunya sampai malam hari sampai ia ketinggalan kereta terakhir. Dengan tubuhnya yang letih dan kaki yang lunglai, tiba-tiba ia melihat sepeda yang ditinggalkan begitu saja di pojokan stasiun. Lalu, apa salahnya dengan menggunakan sepeda yang sudah dibuang?

Dengan santai turis ini membawa sepeda tersebut ke arah tujuan. Lalu, tiba-tiba datang seorang polisi yang memberhentikannya, karena turis ini diduga telah mencuri sepeda!

Kok bisa?

Meskipun sepeda ini telah ditinggalkan, namun di mata hukum tetap saja bukan “sampah” yang boleh diambil orang lain (bukan pemilik).

Jika belum dibuang dengan cara yang benar, maka masih menjadi hak si pemilik. Dan jika kamu menggunakan sesuatu yang masih hak milik orang lain, maka akan dianggap sebagai bentuk pencurian. Tentu saja, pencurian bukan lah hal yang dianggap remeh oleh orang Jepang.

Bila kamu tidak sengaja melakukan hal ini di Jepang, maka kamu harus menghubungi pemilik aslinya. Beruntung jika pemilik asli memilih jalan damai. Namun apabila pemilik ingin menempuh jalur hukum, atau pemilik tidak bisa dihubungi, maka satu-satunya jalan adalah meminta bantuan ke kantor Kedutaan RI di Jepang.

Intinya sih, meskipun kamu melihat barang yang “ditinggalkan” atau “dibuang” saat berwisata di Jepang, jangan main ambil ya!

Japanese Sensei / SAFdee