Proyek Bronjong 2016 Desa Sappa Sudah Rusak

Proyek Bronjong 2016 Desa Sappa Sudah Rusak
Proyek Bronjong di Desa Sappa yang Sudah Rusak | FOTO: Abdul Muin

WAJO, PEDOMANMAKASSAR .com – Salah satu proyek pemasangan bronjong di pinggir sungai induk desa Sappa,Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, sudah lama mengalami kemiringan alias runtuh Batu gunung yang di pasang dengan penahan besi jala.

Keruntuhan susunan Batu gunung ini, di sebabkan karena tanah pada dasar sungai yang menjadi penopang utama tidak sampai kebawa penempatan Batu gunung tersebut, sehingga pada saat air meluap dengan arus deras membuatnya goyang dan bergeser, ” ujar warga setempat Anwar, jumat, 24/8.

Menurut Anwar sewaktu pemasangan bronjong memang batunya ndak sampai kedasar sungai, sehingga bronjong tersebut tergantung dan lama kelamaan, batuan yang bagian atas ikut juga menyelam dan akibat jalan menjadi putus yang menahan Batu gunung tersebut,

” Penyebab terjadi lonsor pada pemasangan bronjong tersebut di sebabkan karena pada dasar sungai Batu gunung yang di pasang tergantung, sehingga bagian bawa batuan menarik bagian atas yang mengakibatkan batuan di atas ikut tenggelam, ” katanya.

Untuk di ketahui bahwa pemasangan bronjong di pinggir sungai sappa kurang lebih 200 Meter adalah pekerjaan Rekanan Balai Besar Wilayah Sungai pompange jenneberang ( BBWSP), proyek tersebut merupakan proyek yang terdiri dari beberapa Medan kerja seperti pembangunan irigasi di desa palippu, kecamatan Tempe, pembangunan pipa di kelurahan Anabanua, Kecamatan Maniangpajo dan pembuatan jembatan juga di kecamatan maniangpajo serta pembuatan. Bronjong di desa sappa, Kecamatan Belawa.

Anggaran APBN 2016 ini yang mncapai puluhan miliar seakan tidak memberi keuntangan bagi masyarakat karena fasilitas yang di bangun tidak dapat di fungsikan sebagai mana mestinya, seperti irigasi yang di bangun di desa palippu baru satu kali di lalui air untuk kebutuhan persawahan sudah banyak bocor dan airpun tidak bertahan lama, berdasarkan survey langsung awak media beberapa hari yang lalu.

Dan semua proyek yang di kerjakan rekanan BBWSP di tahun 2016 bahkan sewaktu pekerjaan irigasi tersebut sidesa palippu terkena sanksi akibat lambat penyelesaiannya. Karena saat itu harus selesai di bulan desember 2016, namun penyelesaiannya masuk di januari 2017.

Dan saat ini pemasangan bronjong tersebut di desa sappa masih kondisi runtuh dan miring.

Abdul Muin