UMKM Binaan BI Sulsel Makin Naik Kelas Lewat Fesyar

UMKM Binaan BI Sulsel Makin Naik Kelas Lewat Fesyar
Salah satu booth UMKM binaan BI Sulsel yang ikut kegiatan Fesyar sejak 25-27/8/2017 sukses banyak dikunjungi masyarakat dan pengunjung mall, dan yang lainnya | FOTO: Muh. Trisusanto MS

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Bank Indonesia Sulsel menyebut kegiatan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) membawa berkah tersendiri.

Pasalnya, sejak hari pertama pada puncak acaranya, dari Jumat (25/8/2017) hingga Ahad (27/8/2017) para pelaku mengakui rata-rata berhasil membukukan penjualan minimal 50 persen, bahkan mencapai 80 persen.

Salah satu pelaku UMKM Sukma Jahe Makassar, Rita Suriani, mengungkapkan, dirinya antusias setiap mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan Bank Indonesia (BI). Pasalnya, dengan kegiatan tersebut, produk-produk olahan UMKM yang dijalankannya semakin terpublikasi ke masyarakat.

Seperti saat ini, para pengunjung yang membeli tidak hanya dari dari Makassar saja, tapi juga dari luar daerah. Bahkan, dari luar provinsi dan pengunjung mall.

“Mulai dari hari pertama hingga hari terakhir ini, kami berhasil menjual 2.850 paket jahe buatan UMKM kami, atau meningkat 80 persen dari hari-hari normalnya,” katanya saat ditemui di boothnya, Ahad, 27/8/2017.

Begitupun, pelaku UMKM Celebes Chocolate, Burhanuddin, juga mengakui sangat senang dengan kegiatan Fesyar ini, dimana produk yang ditawarkannya lumayan menuai sukses, karena banyaknya anak-anak sekolah dan orang tua yang tertarik dan penasaran dengan hasil olahan coklat olahan lokal.

Dari hari pertama hingga hari ketiga, pihaknya juga berhasil membukukan penjualan hingga 75 persen.

“Padahal, hari-hari normalnya, kami palingan dapat sampai 50 persen, karena masih banyaknya masyarakat yang belum kenal dengan coklat olahan kami yang tidak kalah dengan impor. Bahkan, coklat yang kami gunakan itu adalah coklat ekspor,” katanya.

Begitupun, pelaku UMKM lainnya yang juga mengakui sangat bersemangat dengan kegiatan Fesyar tahun ini, karena selain lebih mempublikasikan produk-produknya, juga bisa bertukar produk dari daerah lain dan provinsi lain yang ikut pada kegiatan Fesyar ini.

Adapun pelaku-pelaku UMKM BI Sulsel yang ikut memeriahkan kegiatan Fesyar 2017, adalah Losari Silk, Markisa Gowa Alami, Flowerindo Green, Jasa Dekorasi Acara Pernikahan, Kopi Luwak Malino, Sukma Jahe Makassar, Celebes Mushroom, Kopi Asik (Kalusi Enrekang), Esa Flowes, Paguyuban Farm, Jagung Maring Ase, Sabun Maks, Celebes Chocolate, Teaching Industry Unhas Makassar, dan Asfisyah Hijab.

Wia rock/Marwiah Syam.