Warga Maros Positif Terjangkit Antraks

Warga Maros Positif Terjangkit Antraks
Ilustrasi Antraks | FOTO: Istimewa

MAROS ,PEDOMANMAKASSAR.com – Seorang warga di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan dinyatakan positif mengidap penyakit antraks.

Warga yang terjangkit tersebut berinisial Fm yang domisili di Dusun Moncongjai, Desa Rompegading setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan positif antraks oleh petugas kesehatan di Puskesmas Cenrana, tempat ia berobat

Kasus ini mulai ditelusuri setelah adanya dua ekor sapi yang mati mendadak di Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana pada dua pekan lalu.

Kepala Puskesmas Cenrana, Dr Sugih Wibowo saat dihubungi via selularnya, Selasa (29/8) membenarkan adanya kasus warga Desa Rompegading positif terjangkit Antraks. Diakui pihaknya sudah mengambil sampel dari luka yang dialami pasiennya. Setelah diteliti, ternyata pasien tersebut positif terjangkit antraks.

“Sudah satu minggu ini, (Fm) kami rawat jalan. Kami sudah teliti berdasarkan sampel yang ada dan memang positif antraks,” katanya

Sugih melanjutkan, selain sampel, ciri-ciri luka yang dialami oleh pasien tersebut memang dicurigai antraks. Apalagi, diwilayahnya juga ada kasus sapi antraks yang tengah ditangani dokter hewan.

Pihak Puskesmas Cenrana juga sudah memberikan beberapa obat termasuk obat khusus antraks kepada pasien tersebut. “Selain itu kami juga telah memberikan antibiotik kepada pasien,” tutup Sugih.

AMB/SAFdee