Festival 1000 Petani, di Desa Ongkoe, Di Hadiri Bupati

Festival 1000 Petani, di Desa Ongkoe, Di Hadiri Bupati
Festival 1000 Petani, di Desa Ongkoe, Di Hadiri Bupati. Wajo | FOTO: Abdul Mauin

WAJO, PESDOMAN MAKASSAR.com – Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Wajo sangat mendukung program peningkatan produksi petani, produksi perkebunan dan percepatan pengolahan lahan terutama pada tadah hujan , Pemerintah Kabupaten Wajo memprogramkan traktor bersubsidi sebanyak 3.166 unit. Yang di sampaikan H Andi Burhanuddin Unru saat menghadiri festival Armure 1000 petani yang dilakukan oleh PT Sygenta di soppa, Desa Ongkoe, Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, Rabu 30/8

Pada Festival 1000 Petani ini, yang di hadiri empat kabupaten dari kelompok tani, yakni Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidrap, kabupaten Soppeng, Kabupaten Pinrang. Dan
Bupati Wajo H. Andi Burhanuddin, MM. mengatakan berdasarkan data Badan Pusat statisti kabupaten wajo, luas sawah Kabupaten Wajo Tahun 2016 sekitar 99.720 Ha. Itu terdiri dari Sawah Pengairan Teknis sebanyak 29.602 Ha, dan Sawah Tadah Hujan 70.118.

Berdasarkan luas areal lahan tersebut dapat menghasilkan berbagai komoditi. Di Tahun 2016 menghasilkan Padi 788,953 ton. Jagung 171,604 ton, Kedelai 11,607 ton, Kacang Tanah 686 ton.

Dan Ubi Kayu 10,537 ton, Ubi Jalar 3.264 ton, Kacang Hijau 21.109 ton, Cabai Besar 1.399 kwintal Cabe rawit 3.399 kwintal.

” karena itu sawah tadah hujan inilah nantinya yang akan di musyawarakan bersama, dalam bentuk tudang sipulung,” ujarnya.

Dan nantinya dari hasil musyawarah tudang sipulung ini menjadi acuan untuk keputusan kedepannya,” tambah Andi Burhanuddin Unru.

Dan semua kelompok tani diharapkan mentaati kesepakatan tudang sipulung nantinya.

“Saya berharapkan agar kelompok tani menghindari pantangan-pantangan pola tanam yang tidak disepakati, sehingga dengan begitu dapat memaksimalkan produksi, ” imbau manta Sekda wajo ini.

Lebih lanjut dia, mengatakan bahwa program dukungan tadah hujang pada sektor pertanian tentu sangat membantu pemerintah. Apalagi sektor pertanian memang menjadi sektor andalan yang terus dikembangkan pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

” Pemkab terus mendukung tadah hujan pada sektor pertanian karena hal ini sangat membantu pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ,” kata bupati dua periode ini.

Abdul Muin