Kamaruddin B Inginkan Lagu Daerah Bugis Makassar Jangan Hanya Lokalan Saja

Kamaruddin B Inginkan Lagu Daerah Bugis Makassar Jangan Hanya Lokalan Saja
Kamaruddin B, salah satu Senior pencipta lagu Daerah Bugis Makassar. | FOTO: PedMan

MAKASSAR,PEDOMANMAKASSAR.com – Kurang populernya Lagu Daerah Bugis Makassar, di tingkat Nasional dibanding lagu daerah lainnya seperti Lagu bahasa Jawa, Papua, serta Manado yang eksis sampai ke tingkat Nasional, disebabkan para musisi dan pencipta lagu Daerah Bugis Makassar karena mereka masih kurang meperkenalkan lagu daerah, sedang menurutnya para penyanyi asal sulawesi selatan sangat kompoten dan banyak menjadi artis ibukota. Demikian dikatakan oleh Kamaruddin B, salah satu Senior pencipta lagu Daerah Bugis Makassar.

Menurutnya Pria Asal Takalar pencipta lagu Binanga Dosa, yang dipopulerkan oleh Almarhum Iwan Tompo ini, sangat menyayangkan lagu daerah asal Sulawesi Selatan ini, hanya buming dikandang sendiri.

“Saya tau betul potensi penyanyi asal dari Sulawesi selatan, banyak disana namun sepertinya dia tidak pernah mau membawakan dan mempopulerkan lagu asal dari daerah sendiri” tegasnya.

Pria yang lahir pada tahun 1947 ini menambahkan, hanya beberapa artis yang sempat memperkenalkan lagu daerah bugis makassar dan Toraja, hanya Anci Laricci, Meity Ba’an serta Dian Ekawati saja, yang berani tampil.

Namun para artis dan pencipta lagu asal Sulsel juga sulit mengembangkan juga, jika tidak ada campur tangan pemerintah Kota/daerah. Karena setiap melaksanakan hajatan, selalu menampilkan artis Ibukota, dan artis lokal tersisihkan.

“Seperti Pameran F8 yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Makassar, yang memperkenalkan kota MAkassar, tapi lagu-lagunya tidak diperkenalkan.Malah bangga panggil artis Ibukota bahkan Artis luar, jadi apa artinya hajatan besar jika lagu daerah saja tidak diperkenalkan” tambah sang pencipta lagu di era tahun 80 ini.

Kama,sapaan akrab Kamaruddin, mengharapkan kedepannya peran serta Pemerintah Kota/Kabupaten atau Pemprov Sulsel, lebih memperhatikan lagu-lagu daerah Bugis Makassar, akan jangan hanya tenar di kota sendiri, tidak seperti lagu asal daerah lainnya.

“Saya ini lagi sedang menggarap beberapa Media Cetak, Elektronik dan Online, untuk bekerjasama dalam mengkampanyekan lagu daerah, dan sebentar lagi ada wartawan yang saya ciptakan bersama dia (nama masih dirahasiakan)” tuturnya.

Karena menurutnya dengan Media, pasti dia dapat mewujudkan mimpinya untuk memperkenalkan lagu daerah Bugis Makassar, sampai ketingkat Nasional, tutupnya.

SAFdee