Momen F8, Selandia Baru-Pemkot Makassar Jajaki Mou Di Bidang Energi

Momen F8, Selandia Baru-Pemkot Makassar Jajaki Mou Di Bidang Energi
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto (kanan) bersama perwakilan Kedutaan Besar Selandia Baru, Mr. Trevor Matheson (kiri) saat berkunjung ke Rujab Wali Kota Makassar, Jalan Penghibur, Rabu, 6/9/2017. | FOTO: Istimewa

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Kedutaan Besar Selandia Baru bersama Pemerintah Makassar melakukan penjajakan kerjasama atau Nota Kesepahaman (MoU) terkait bidang energi disela-sela kegiatan F8.

Kerjasama tersebut, nantinya mengacu terkait bantuan pada Makassar dalam membangun energi-energi baru lewat pemasangan panel-panel di Smart Galery Kota Makassar.

Perwakilan Kedutaan Besar Selandia Baru, Mr. Trevor Matheson, mengungkapkan, momen ini akan menjadikan komitmen pada pihaknya untuk membangun energi terbarukan untuk Kota Makassar.

“Hal itu tentunya membuat kami senang. Apalagi, kami juga sangat senang berkunjung ke Makassar,” katanya dalam kunjungannya ke Rujab Wali Kota Makassar, Jalan Penghibur, Rabu, 6/9/2017.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, mengungkapkan, ruang lingkup MoU ini adalah upaya untuk membangun sinergitas pembangkitan energi sesuai dengan kebutuhan Kota Makassar dan dilaksanakan pada awal tahun depan.

“Kami telah sepakati itu. Tapi. penandatanganannya belum kita lakukan, nanti akhir tahun. Saat ini masih dalam pembicaraan,” katanya.

Untuk mewujudkan hal yang telah dibicarakan tersebut, kata Danny, perlu dibangun komitmen bersama dari seluruh pemangku kepentingan, khususnya kementerian terkait dalam mendorong dan memfasilitasi terwujudnya kerjasama tersebut.

Apalagi, dalam menghadapi era industri 4.0 yang melibatkan beberapa unsur dalam setiap rantai nilai proses, masyarakat khususnya para pekerja dituntut untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dalam hal ini energi baru.

“Karena itu, kerjasama dan dukungan dari industri ini juga menjadi faktor penting terselenggaranya hal ini, khususnya ini sebagai kebutuhan di dunia kerja,” tuturnya.

Wia rock/Marwiah Syam.