Luncurkan Rudal Balistik Kedua, Korut Hiraukan Teguran

Luncurkan Rudal Balistik Kedua, Korut Hiraukan Teguran
Orang-orang menonton televisi yang menyiarkan sebuah laporan berita tentang Korea Utara yang meluncurkan sebuah rudal yang terbang di atas Hokkaido utara Jepang jauh ke Samudera Pasifik, di Seoul, Korea Selatan, 15 September 2017. | FOTO: REUTERS / Kim Hong-Ji

PEDOMANMAKASSAR.com – Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik di atas wilayah Jepang, ini merupakan langkah kedua yang sangat provokatif dalam beberapa minggu ini.

Rudal tersebut mencapai ketinggian sekitar 770 km (480 mil) dan terbang selama sekitar 19 menit dengan jarak tempuh sekitar 3.700 km (2.300 mil) sebelum mendarat di laut di Hokkaido.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan negaranya tidak akan menoleransi atas tindakan berbahaya Korea Utara.

“Jika Korea Utara terus melalui jalur ini, maka ia tidak akan memiliki masa depan yang cerah,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari BBC.com.

Shinzo Abe mengatakan Korea Utara telah menginjak-injak kesatuan masyarakat yang kuat dan bersatu untuk perdamaian.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal AS Rex Tillerson juga mengecam peluncuran tersebut, yang melanggar sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pengumuman peringatan tentang rudal tersebut berkobar sekitar pukul 7 pagi (2200 GMT Kamis) di beberapa bagian utara Jepang, sementara banyak penduduk menerima peringatan di telepon genggam mereka atau melihat peringatan di TV, Sirene di seluruh wilayah terebut berbunyi tanda peringatan telah dikirim untuk memperingatkan orang-orang untuk berlindung.