BPS Prediksi ITK Sulsel Pada Triwulan IV-2017 Meningkat

BPS Prediksi ITK Sulsel Pada Triwulan IV-2017 Meningkat

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Badan Pusat Statistik Sulsel memprediksi Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Sulsel bergerak lebih baik lagi atau relatif meningkat pada triwulan terakhir tahun ini dibanding triwulan III-2017

Prediksi tersebut, mengacu pada gambaran kondisi ekonomi konsumen pada provinsi-provinsi di Sulawesi yang relatif meningkat dibanding triwulan sebelumnya.

Dimana kondisi tersebut, mengindikasikan ekonomi Sulsel yang akan lebih baik lagi tercermin dari keoptimisan dan kestabilan perekonomian dibanding triwulan sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Sulsel, Nursam Salam, mengungkapkan, prediksi ini mengacu pada nilai ITK pada triwulan III-2017 yang cukup menggembirakan dengan indeks sebesar 105,53 persen. Walaupun, masih lebih kecil dari ITK nasional yang menempati indeks sebesar 109,42 persen.

“Dengan posisi triwulan III tersebut, kami prediksi gambaran ekonomi dan konsumen di Sulsel masih tetap meningkat pada triwulan terakhir tahun ini,” katanya saat siaran pers, di kantornya, Jl Haji Bau, Senin, 6/11/2017.

Prediksi ini, kata Nursam, juga dilihat dari komponen pembentuk ITK pada triwulan III-2017, diantaranya pendapatan rumahtangga, volumen konsumsi barang dan jasa. Apalagi, juga ditunjang dari nilai inflasi yang jauh lebih rendah dibanding triwulan sebelumnya atau dengan kata lain tingkat inflasi pada triwulan III tahun ini tidak mempengaruhi konsumen.

Hal ini, terbukti dengan meningkatnya pengeluaran konsumsi makanan dengan nilai indeks sebesar 105,32.

Dari data tersebut, juga menunjukkan konsumen di Sulsel masih optimis dalam konsumsi makanan. Walaupun, optimisme ini menurun jika dibandingkan pada triwulan II sebelumnya yang disebabkan karena selesainya euforia puasa dan lebaran.

“Dari gambaran itulah, kita mengambil sampel bahwa geliat kondisi ekonomi masih berjalan baik atau meningkat pada triwulan IV tahun ini, katanya.

Wia rock/Marwiah Syam.