Now, Bayar Pajak PKB Sudah Bisa Lewat ATM

Now, Bayar Pajak PKB Sudah Bisa Lewat ATM

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel hadirkan layanan baru, yakni pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sudah bisa dibayar melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau kartu debit di mesin Electronic Data Capture (EDC).

Layanan transaksi non tunai tersebut, selain layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), juga bisa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan di Sulsel.

Kepala Bapenda Sulsel, Tautoto Tana Ranggina, mengungkapkan, layanan baru ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Apalagi, saat ini zaman digital, dimana segala hal yang berhubungan transaksi sudah hampir tidak lagi menggunakan uang tunai.

“Karena itu, kita juga perlu berbenah dan meleburkan diri dengan mengikuti perkembangan zaman. Karena jika tidak, kami pasti akan ditinggalkan oleh konsumen” katanya seusai launching di Ballroom Maxone Resort Delia, Jl Taman Makam Pahlawan Makassar, Senin, 6/11/2017.

Dengan pembayaran non tunai tersebut, kata Tautoto, masyarakat juga pasti akan sangat terbantu, karena dapat melakukan pembayaran di mana saja. Apalagi, jaman sekarang membawa-bawa uang tunai sangat beresiko, karena tindak kejahatan sudah hampir terjadi di mana saja.

“Jadi, selain diprioritaskan untuk konsumen, juga untuk meminimalisir tindak kejahatan,” katanya.

Sementara, untuk pembayaran pajak lima tahunan, lanjut Tautoto, tidak bisa dilakukan di ATM, namun tetap dilakukan di samsat induk, karena membutuhkan proses registrasi dan identifikasi oleh pihak kepolisian.

Apalagi, pihaknya hanya menangani lima jenis pajak, yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Air Permukaan (PAP), dan Pajak Rokok.

“Selainnya ditangani oleh Bapenda Kabupaten/Kota,” katanya.

Wia Rock/Marwiah Syam.