Triwulan III-2017, Industri Manufaktur Sulsel Meningkat

Triwulan III-2017, Industri Manufaktur Sulsel Meningkat

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Badan Pusat Statistik Sulsel menyebut produksi industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan III mengalami kenaikan sebesar 0,81 persen terhadap triwulan II (q to q) tahun ini. Pertumbuhan triwulan III ini juga tercatat naik sebesar 3,26 persen terhadap triwulan III-2016 lalu (yoy).

Kepala Badan Pusat Statistik Sulsel, Nursam Salam, mengungkapkan, pertumbuhan manufaktur pada periode triwulan (q to q) ini didominasi industri kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur), serta barang anyaman bambu, rotan, dan sejenisnya yang naik sebesar 6,44 persen.

“Selain itu, pertumbuhan ini juga tercatat dari kontribusi dari industri barang galian bukan logam yang naik sebesar 3,98 persen,” katanya melalui rilisnya, Kamis, 9/11/2017.

Sementara, untuk pertumbuhan secara tahunan (yoy), kata Nursam, pertumbuhan ini didominasi dari industri farmasi, produk obat kimia, barang dari bahan kimia yang naik 10,01 persen, diikuti industri makanan yang naik sebesar 3,68 persen.

“Capaian pertumbuhan ini mengindikasikan Sulsel berada di bawah nasional yang tumbuh 2,27 persen (q to q) dan 5,51 persen (yoy) pada triwulan III tahun ini,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam.