Produsen Coklat Ternama Di Dunia “Mars” Akan Budidaya Kakao Di Pangkep

Produsen Coklat Ternama Di Dunia “Mars” Akan Budidaya Kakao Di Pangkep

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Produsen merek coklat ternama di dunia “Mars Inc” akan mendirikan pusat penelitian, pengembangan teknologi dan budidaya kakao di Attang Salo, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep.

Pengembangan budidaya kakao tersebut, nantinya seluas 94 hektare dan akan menjadi terbesar kedua di dunia setelah Brazil.

Corporate Affairs Mars, Fitriani, mengungkapkan, pengembangan penelitian dan budidaya ini baru tahap akan dibangun, dimana nantinya dijadwalkan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pada 18 November 2017 ini.

“Setelah peletakan batu pertama nantinya, maka secara resmi pembangunannya akan dilakukan dan ditargetkan rampung dalam dua tahun mendatang,” katanya disela-sela presscomperence, di Hotel Clarion Makassar, Jl AP Pettarani, Selasa, 14/11/2017.

Corporate Affairs Director Mars, Arie Nauvel Iskandar, mengungkapkan, pihaknya sengaja memilih Pangkep sebagai pengembangan budidaya kakao, karena melihat potensinya yang sangat besar, dan ditunjang dengan kondisi dan lahan yang sesuai dibutuhkan.

Nantinya, dengan pengembangan tersebut, diharapkan bisa menjadi salah satu kontributor besar bagi kebutuhan coklat di dunia, apalagi Indonesia adalah penghasil coklat terbesar ketiga di dunia.

“Tentunya, dengan posisi tersebut, kami harapkan keberadaan budidaya kakao di Pangkep nantinya bisa menjadi pendongkrak peningkatan nilai ekspor kakao di Sulsel,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam