Aaaah!!! Nilai ekspor Sulsel Anjlok

Aaaah!!! Nilai ekspor Sulsel Anjlok

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – Badan Pusat Statistik Sulsel menyebut nilai ekspor Sulsel terus mengalami penurunan atau anjlok dalam kurun berapa periode terakhir pada 2017 ini.

Penurunan tersebut, juga tercatat dalam dua periode terakhir, yakni September 2017 yang tercatat mengalami penurunan sebesar 4,44 persen, dan periode Oktober 2017 yang menurun sebesar 1,17 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Sulsel, Nursam Salam, mengungkapkan, penurunan ini juga secara kumulatif tercatata dari periode Januari hingga Oktober 2017 sebesar 11,04 persen, lebih rendah bila dibandingkan dengan 2016 lalu yang mencapai 924,82 juta USD.

Penurunan ini disebabkan karena demand yang terus mengalami fluktuatif.

“Hal ini juga ditunjang dari pasokan yang dipengaruhi oleh siklus, misalnya cuaca. Belum lagi, komoditi kita di pasar global yang banyak pesaingnya,” katanya saat siaran pers, di kantornya, Jl Haji Bau, Rabu, 15/11/2017.

Sementara, komoditi andalan ekspor yang masih menjadi primadona hingga saat ini, kata Nursam, masih tetap disumbangsih oleh nikel yang memberikan kontribusi lebih 50 persen dari total ekspor tiap periodenya.

Untuk negara tujuan ekspor sendiri, masih tercatat Jepang sebagai negara pengekspor terbesar di Sulsel, diikuti Tiongkok. Kemudian, Amerika Serikat dan Vietnam.

“Dengan kondisi dan siklus tersebut, kemungkinan nilai ekpor Sulsel pada periode tahun ini lebih rendah dibanding tahun lalu,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam