BI Gelar Pelatihan Wartawan Se-Indonesia

BI Gelar Pelatihan Wartawan Se-Indonesia

JAKARTA, PEDOMANMAKASSAR.com – Bank Indonesia kembali menggelar pelatihan wartawan se-Indonesia yang ketiga kalinya. Pelatihan ketiga ini diikuti 580 wartawan dari berbagai provinsi.

Asisten Gubernur Bank Indonesia, Dyah Nastiti, mengungkapkan, pelatihan ini ditujukan agar bisa memberikan lebih banyak lagi gambaran perkembangan ekonomi yang saat ini berjalan, dan faktor-faktor apa saja yang berkaitan dengan hal itu, baik penunjangnya, dan yang mempengaruhinya.

“Hal ini sangat relevan dengan apa yang harusnya masyarakat juga tahu dan paham lewat pemberitaan dari berbagai daerah masing-masing,” katanya disela-sela pembukaan Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Senin, 20/11/2017.

Dengan pelatihan ini, kata Dyah, diharapkan media massa bisa menjadi ujung tombak bagi pemberitaan-pemberitaan seputar ekonomi yang lebih mendalam yang dikemas dengan apa yang terjadi saat ini.

Jadi, masyarakat tidak hanya terpaku pada berita-berita infotaimen saja. Tapi, ikut serta menjadi pembaca situasi negara lewat pemberitaan yang berkaitan ekonomi.

Hal ini juga akan memberikan dampak positif bagi masyarakat nantinya, karena mereka akan lebih peduli, dan paham. Bahkan, dengan hal ini peran masyarakat akan menjadi salah satu kotributor sebagai pendukung terhadap kebijakan apa yang akan diambil oleh pemerintah.

“Nah, dalam hal inilah, media massa yang punya power atas hal itu dalam menyampaikan pada masyarakat,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam