BI : Penurunan Inflasi Bisa Karena Penurunan Harga Komoditi

BI : Penurunan Inflasi Bisa Karena Penurunan Harga Komoditi

JAKARTA, PEDOMANMAKASSAR.com – Bank Indonesia menyebut salah satu penyebab menurunnya inflasi bisa juga disebabkan harga komoditi di pasar ekspor menurun.

Direktur Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Yoga Affandi, mengungkapkan, tak hanya karena disebabkan harga komoditi yang menurun, tapi juga bisa disebabkan bahan mentah yang menurun, dan pendapatan atau daya beli masyarakat yang menurun.

“Ini membuktikan bahwa rendahnya inflasi di suatu daerah tidak bisa dinilai hanya karena stabilnya harga, tapi bisa juga disebabkan beberapa faktor tersebut,” katanya disela-sela diskusi mengenai Pengendalian Inflasi Daerah Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dan Sharing Pengendalian Inflasi, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Senin, 20/11/2017.

Sementara, Pengamat Ekonomi Samuel Sekuritas, Lana Soelistyoningsih, juga mengemukakan hal yang sama. Bahkan, penurunan inflasi ini juga terjadi di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, karena disebabkan harga komoditas yang mengalami penurunan akibat pasar global yang melemah.

“Ini juga merupakan tantangan tersendiri, karena jika inflasi meningkat signifikan juga tidak baik, begitupun juga dengan inflasi yang menurun drastis. Yang terbaik bagaimana inflasi tetap terjaga, tapi juga harga komoditas dan daya beli masyarakat tetap stabil,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam