Jelang HUT Ke-60, Pertamina Gelar Kegiatan Donor Darah

Jelang HUT Ke-60, Pertamina Gelar Kegiatan Donor Darah

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.com – PT Pertamina (Persero) menggelar kegiatan donor darah sebagai bentuk dedikasi pada kemanusiaan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia sebagai rangkaian acara menjelang HUT ke-60 pada 10 Desember mendatang.

General Manager PT Pertamina MOR VII Sulawesi, Joko Pitoyo, mengungkapkan, donor darah ini, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tiga bulan sekali. Namun, dalam rangka HUT ke-60 ini, Pertamina menargetkan 600 pendonor dengan distribusi 300 di Makassar, 150 di Manado, dan 150 di wilayah sekitat Terminal BBM Bitung.

“Dari seluruh kantong darah yang didapat dari kegiatan ini akan diserahkan pada PMI untuk disimpan dan didistribusikan pada orang-orang yang membutuhkan, di mana pada kegiatan yang sama jelang HUT ke59 pada tahun lalu, pertamina di seluruh Indonesia berhasil mendapat lebih dari lima ribu kantong pada aksi donor darah untuk disumbangkan,” katanya disela-sela kegiatan donor darah, di kantornya, Jl Garuda, Selasa, 5/12/2017.

Mengenai kegiatan donor darah ini sendiri, kata Joko, pihaknya menggandeng kerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) dan mengundang stakeholders, masyarakat sekitar kantor Pertamina dan seluruh pegawai Pertamina.

Ini juga sebagai langkah gerakan kesehatan yang dilakukan secara rutin, apalagi manfaatnya sangat luar biasa dalam kesehatan dan kemanusiaan.

“Selain itu, tentunya ini juga sebagai upaya dalam merangkul dan membawa kontribusi positif bagi masyarakat. Apalagi, jumlah pendonor darah sukarela di Indonesia masih sangat rendah, yakni hanya sekitar 0,6 persen dari jumlah penduduk. Tentunya, dengan kegiatan aksi ini bisa memberikan motivasi untuk lebih turut andil dan berpartisipasi dalam kemanusiaan,” katanya.

Wia rock/Marwiah Syam