Triwulan II-2018, BI Proyeksi Ekonomi Sulsel Masih Tumbuh Positif.

Triwulan II-2018, BI Proyeksi Ekonomi Sulsel Masih Tumbuh Positif.

PEDOMANMAKASSAR, MAKASSAR – Bank Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan memproyeksi pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan II-2018 ini masih tumbuh positif dikisaran 7,7 persen.

Pertumbuhan ini ditengarai akan berasal dari naiknya seluruh komponen konsumsi Rumah Tangga (RT), Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT), dan Pemerintah, khususnya didorong oleh Perayaan Besar Hari Keagamaan Nasional (HBKN), yakni Ramadhan dan Idul Fitri, didukung dengan adanya pencairan gaji ke-13 dan 14 terkait dengan THR dan tunjangan pendidikan.

Direktur Bank Indonesia Provinsi Sulsel, Dwityapoetra S Besar, mengungkapkan, walaupun pertumbuhan ini sedikit melambat dibanding triwulan IV-2017 kemarin yang berhasil tumbuh 7,78 persen (yoy), tapi diprediksi akan tumbuh positif dan kuat.

Bahkan, pertumbuhan Sulsel masih lebih tinggi dibanding nasional yang diproyeksi ekonom hanya tumbuh 5,21 persen pada triwulan II tahun ini

“Pertumbuhan Sulsel ini juga didukung dari sektor perdagangan, baik eceran dan besar, dan lainnya akan tumbuh signifikan, karena tingginya aktivitas masyarakat, disertai hari libur. Apalagi, juga ditunjang dari sisi inflasi yang masih terjaga dengan baik yang ditarget tetap terjaga dikisaran 3,5 kurang lebih satu persen,” katanya saat dihubungi via Whats App, Rabu, 16/5/2018.

Sementara, ekonom Universitas Indonesia, Lana Soelistianingsih, beberapa waktu lalu juga mengungkapkan, pola konsumsi Rumah Tangga masih menjadi penopang pertumbuhan ekonomi tahun ini. Disusul ekspor, yakni naiknya harga minyak mentah dan investasi.

Hanya saja, belum ada dorongan yang dapat mendorong perekonomian tumbuh yang signifikan.

“Ini yang perlu lagi didorong kedepannya, khususnya dalam menjawab tantangan ekonomi kedepannya,” katanya. (Wia/HM)