Nilai Ekspor Sulsel Periode April 2018 Menurun 1,68 Persen

Nilai Ekspor Sulsel Periode April 2018  Menurun 1,68 Persen

MAKASSAR, PEDOMANMAKASSAR.COM– Pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel menyebut perkembangan nilai ekspor Sulsel untuk periode April 2018 menurun sebesar 1,68 persen atau hanya mencapai 90,34 juta USD.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulawesi Selatan, Akmal S.Si, mengungkapkan, capaian itu lebih rendah dibanding Maret 2018 yang mencatatkan 91,88 juta USD.

“Faktor penurunan tersebut, masih karena daya saing dan rendahnya nilai harga komoditas, akibat pengaruh ekonomi global,” katanya, saat siaran pers, Selasa, 15/5/2018.

Demikian juga dikatakan Direktur Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan, Dwityapoetra S Besar, menjelaskan, perkembangan ekspor Sulsel masih didominasi komoditi Nikel yang sangat berperan besar.

Tapi, melihat kinerja negara mitra dagang, khususnya Jepang yang semakin baik akan otomatis mendorong akan semakin membaikanya nilai ekspor, khususnya Nikel. Kendati demikian, ekspor tujuan dalam negeri masih melambat.

“Semuanya harus lebih didorong lagi, bukan hanya Nikel, tapi komoditi lainnya yang juga sangat berkontribusi besar pada peningkatan nilai ekspor di Sulsel,” tutupnya.(Wia/HM)